Review TV Series: Mar de plástico

Saya nulis ini sambil nonton TV series dari Spanyol Mar de plástico, yang lagi ada di Netflix-nya Amerika Serikat. Hitung-hitung sekalian latihan mendengar percakapan dalam bahasa Spanyol. Dari 13 episode di season pertama, saya sebenarnya masih nonton di episode ke 10 tapi udah gak tahan pingin kritik. Boleh dong ya kritik sambil nonton.

Nya de la Rubia

Baru kali ini nonton TV series dan sebel sama nyaris sama semua karakter di TV series. OK, ada satu karakter yang saya suka dan itupun peran pembantu perempuan, detektif Lola Requena (diperankan oleh artis Spanyol Nya de la Rubia). Kayaknya cuman dia yang paling beres dan “cool”.

Sama seperti sinetron di Indonesia, TV series Spanyol ini pemain film-nya ganteng-ganteng dan cantik-cantik. Yang ngebedain, ceritanya lebih seru karena menyangkut pembunuhan dan kerja detektif plus bumbu-bumbu asmara.

Singkat cerita, TV series ini mengenai penyeledikan polisi atas pembunuhan seorang gadis yang berjuang demi imigran ilegal di kota Campoamargo (kota fiksi). Gadis ini dibunuh secara sadis dan darahnya dituang ke tempat penampungan air untuk menyirami tanaman di perusahaan agro bisnis gitu. Perusahaan ini dimiliki seorang pengusaha terkenal yang sering mempekerjakan imigran ilegal.

Rodolfo Sancho

Awal episode habis waktunya untuk membangun karakter yang menurut saya wajar, tipikal TV series-nya Eropa terutama Skandinavia dan Inggris. Masing-masing karakter ada masalah pribadi termasuk si pemimpin detektif dalam penyelidikan, Héctor Tarancón, yang ganteng super berat dan diperankan oleh aktor Rodolfo Sancho. Hector, sebagai kepala detektif punya strategi penyelidikan yang bener-bener kacau. Kalau semua detektif di Spanyol kayak si Hector bisa kacau itu penumpasan kejahatan. Salah satu hal yang cemen misalnya, si ayah kandung korban emosi sama salah satu tersangka dan gebukin tersangka tersebut sampai luka parah dan entah angin dari mana, si Hector tahu-tahu mucul di lokasi TKP dan berhasil menggagalkan upaya si ayah kandung ini yang berniat membunuh si tersangka. Konyolnya lagi, tersangka udah babak belur sampai harus masuk rumah sakit, si ayah kandung korban yang jelas-jelas main hakim sendiri tetep bebas dan gak kena sanksi apapun. Halah..yang kayak gini gak bakal ada di TV series kayak Law and Order: Special Victims Unit.

Jesus Castro

Lanjut sampai ke episode ke lima, cerita muter-muter gak keruan dan upaya pembangunan karakter gagal total. Mantan pacar si korban yang terkenal rasis dan pembencil imigran ilegal, bolak-balik dituduh jadi tersangka sampai satu kota benci sama dia. Tapi selidik punya selidik, semua bukti gak ada yang nyantol ke doi. Mantan pacar korban diperankan oleh Jesus Castro yang sudah terkenal atas kegantengannya. Di sini beliau berperan sebagai seorang rasis yang anti imigran, sampai punya tato Nazi. Tapi entah kenapa tiba-tiba bisa jatuh cinta sama imigran dari Afrika sampai rela sempat dipenjara demi melindungi kekasih barunya. Sayangnya penggalian karakter beliau kurang kuat, jadi aneh aja bisa ada seorang rasis tahu-tahu gak rasis lagi dalam sekejap.

Sampai di sini dulu review-nya. Dan jujur aja sampai di episode ke sepuluh, saya masih gak bisa nebak arahnya ke mana. Kayaknya setiap saya menduga A, tahu-tahu ada si C muncul gak kejuntrungan. Seperti karakter Hector yang bisa muncul di lokasi TKP tanpa latar belakang yang jelas kenapa bisa tiba-tiba ada di situ. Saya pribadi gak menyarankan untuk nonton TV series ini, tapi buat calon penonton yang lagi belajar bahasa Spanyol atau suka sama TV series detektif dengan bumbu-bumbu drama, Mar de plástico gak jelek-jelek amat.

 

Saya kasih ⭐ ⭐ ⭐ ⭐ dari 10 bintang deh 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s